Senin, 24 Juli 2017

Gerak Nasti



Gerak Nasti adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar, tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang.

Berdasarkan jenis rangsang yang memengaruhi, gerak nasti dibedakan menjadi :

1. Gerak Termonasti

Gambar terkait


Termonasti merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang berupa suhu.Contoh termonasti yang terjadi di daerah dingin, misalnya bunga tulip dan bunga crokus yang membuka karena pengaruh suhu. Bunga-bunga tersebut mengembang jika mengalami kenaikan suhu. Jika suhu menurun maka bunga-bunga tersebut akan menutup lagi.

2. Gerak Fotonasti

Hasil gambar untuk bunga mirabilis jalapa


Gerak ini terjadi akibat rangsang cahaya matahari. Contohnya fotonasti yaitu bunga pukul empat. Mirabilis jalapa yang mekar pada sore hari.

3. Gerak Seismonasti/Tigmonasti

Gambar terkait


Seismonasti/tigmonasti adalah gerak bagian tumbuhan karena rangsangan sentuhan. Contohnya daun putri malu yang Mimosa pudica mengatup ketika disentuh.

4. Gerak Niktinasi

Hasil gambar untuk daun lamtoro

Niktinasti merupakan gerak tidur pada tumbuhan yang disebabkan karena keadaan gelap. Proses niktinasti banyak terjadi pada tumbuhan berdaun majemuk. Niktinasti terjadi karena sel-sel motor di persendian tangkai daun (anak-anak daun majemuk) atau pulvinus memompa ion K+ dari satu bagian ke bagian lainnya sehingga menyebabkan perubahan tekanan turgor. Contoh niktinasti adalah pada daun lamtoro dan Cassia corymbosa yang melipat kebawah pada saat malam hari.

5. Gerak Nasti Kompleks


Nasti Kompleks adalah gerak nasti yang dipengaruhi oleh beberapa rangsang yaitu rangsang cahaya, zat kimia, panas, dan air. Gerakan ini terjadi pada proses membuka dan menutupnya stomata.



Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berad...