Rabu, 11 Oktober 2017

Darah

Gambar terkait

Darah manusia adalah cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

Darah manusia berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.
Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena cava inferior.
Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan dibawa ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.
Darah terdiri dari sel-sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit tersuspensi dalam plasma, yang, cairan jerami berwarna berair. Plasma membuat naik sekitar 55 persen dari darah, sementara sel-sel darah dan trombosit membentuk 45 persen sisanya. Rata-rata tubuh manusia dewasa mengandung sekitar 6 liter (sekitar 5,6 mikroliter) darah.

Plasma

Plasma terdiri dari air 92 persen, protein 7 persen, garam, dan zat lain mengangkut. Fibrinogen merupakan protein penting yang terlibat dalam pembekuan darah.
Albumin dan globulin adalah protein yang membantu dalam regulasi cairan masuk dan keluar dari pembuluh darah. Protein yang disebut gamma globulin bertindak sebagai antibodi dan membantu melindungi tubuh terhadap zat asing, yang disebut antigen.
Garam hadir dalam plasma termasuk natrium, kalium, kalsium, magnesium, klorida, dan bikarbonat. Mereka terlibat dalam banyak fungsi tubuh penting seperti kontraksi otot, transmisi impuls saraf, dan pengaturan keseimbangan asam-basa tubuh.
Zat yang tersisa dalam plasma meliputi nutrisi, hormon, gas-gas terlarut, dan produk-produk limbah yang diangkut ke dan dari sel-sel tubuh. Bahan-bahan ini masuk dan keluar plasma darah beredar ke seluruh tubuh.

Hal-hal  untuk Tahu

Kapiler: pembuluh mikroskopis dalam jaringan yang terlibat dalam pertukaran nutrisi dan zat lainnya antara darah dan jaringan.
Faktor pembekuan: Sebuah substansi yang mempromosikan pembekuan darah (penyumbatan aliran darah).
Eritrosit: Sebuah sel darah merah.
Fibrin: Sebuah protein dalam plasma yang berfungsi dalam pembekuan darah dengan membentuk jaringan benang yang menghentikan aliran darah.
Hemoglobin: Pigmen protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke jaringan dan karbon dioksida dari mereka.
Hemofilia: Sebuah gangguan genetik di mana satu atau lebih faktor pembekuan tidak hadir dari darah, mengakibatkan pendarahan yang berlebihan.
Leukosit: Sel darah putih.
Plasma: Bagian cairan jerami berwarna darah yang mengandung air, protein, garam, nutrisi, hormon, dan limbah.
Trombosit: Sebuah fragmen sel berbentuk cakram terlibat dalam pembekuan darah.
Protein: molekul besar yang penting untuk struktur dan fungsi semua sel hidup.
Red sumsum tulang: Jaringan kemerahan lunak dalam rongga tulang dari mana sel-sel darah yang dihasilkan.

Sel darah merah

Fungsi utama dari sel darah merah, atau eritrosit (diucapkan uh-REE-membuang-situs), adalah transportasi oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Eritrosit adalah struktur berbentuk cakram kecil yang cekung di kedua sisi.
Ukurannya yang kecil memungkinkan mereka untuk masuk melalui pembuluh darah mikroskopis yang disebut kapiler. Mereka berjumlah sekitar 5 juta per milimeter kubik darah; di seluruh tubuh manusia, ada sekitar 25 triliun sel darah merah.
Sel darah merah yang dibentuk di sumsum tulang merah tertentu, di mana mereka menghasilkan zat yang disebut hemoglobin. Hemoglobin adalah pigmen protein yang mengandung zat besi dan yang memberikan sel darah merah warnanya.
Hemoglobin dalam sel darah merah menggabungkan dengan oksigen di paru-paru, mengangkut oksigen yang ke jaringan di seluruh tubuh. Hal ini juga membawa karbon dioksida dari jaringan kembali ke paru-paru, di mana beberapa karbon dioksida yang dihembuskan.
Setiap sel darah merah hidup hanya sekitar empat bulan. Sel-sel darah merah baru yang terus-menerus diproduksi dalam sumsum tulang untuk menggantikan yang lama.

Sel darah putih

Sel darah putih, yang sering disebut leukosit, merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Mereka mempertahankan tubuh
terhadap virus, bakteri, dan mikroorganisme menyerang lainnya. Ada lima jenis sel darah putih dalam darah manusia: neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, dan limfosit. Masing-masing memainkan peran tertentu dalam sistem kekebalan tubuh atau pertahanan tubuh.
Sebagai contoh, selama infeksi jangka panjang seperti tuberkulosis (penyakit menular dari paru-paru), monosit meningkat jumlahnya. Selama serangan asma dan alergi, eosinofil meningkat jumlahnya.

Pengertian Darah dan Jenis-jenis Darah
Pengertian Darah dan Jenis-jenis Darah

Limfosit membentuk sekitar seperempat dari semua sel darah putih dalam tubuh. Mereka dibagi menjadi dua kelas: limfosit T dan limfosit B. Huruf T mengacu pada timus, organ yang terletak di daerah dada bagian atas di mana sel-sel ini matang. Huruf B mengacu pada sumsum tulang di mana ini limfosit spesifik matang.
Limfosit T dibagi lagi menjadi empat jenis. Dari keempat, limfosit T helper adalah yang paling penting. Mereka langsung atau mengelola respon kekebalan tubuh, tidak hanya di tempat infeksi, tetapi seluruh tubuh. HIV, virus yang menyebabkan immunodeficiency syndrome atau AIDS mengakuisisi, serangan dan membunuh pembantu limfosit T.
Penyakit ini melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, meninggalkan tubuh tak berdaya untuk mencegah infeksi. Sebagai AIDS berlangsung, jumlah limfosit T helper turun dari normal 1.000 sampai 0.

Pengertian Darah dan Jenis-jenis Darah
Pengertian Darah dan Jenis-jenis Darah

Semua sel darah putih yang diproduksi di sumsum tulang. Beberapa jenis yang dibawa dalam darah, sementara yang lain melakukan perjalanan ke jaringan tubuh yang berbeda. Ada sekitar 4.000 sampai 11.000 sel darah putih per milimeter kubik darah dalam tubuh manusia. Angka ini dapat sangat meningkat ketika tubuh melawan infeksi.

Trombosit

Trombosit kecil, fragmen berbentuk cakram sel yang patah dari sel-sel lain dalam sumsum tulang. Mereka membantu untuk mengontrol perdarahan dalam proses kompleks yang disebut hemostasis.
Ketika cedera pembuluh darah menyebabkan perdarahan, trombosit menempel pada pembuluh darah pecah dan melepaskan zat-zat yang menarik trombosit lain. Bersama-sama mereka membentuk gumpalan darah sementara.
Melalui serangkaian reaksi kimia, fibrinogen plasma protein diubah menjadi fibrin. Molekul fibrin membentuk benang yang perangkap sel darah merah dan trombosit, menghasilkan gumpalan yang menutup pembuluh darah dipotong.
Trombosit jumlah sekitar 300.000 per mikroliter darah manusia. Mereka memiliki rentang hidup yang pendek, yang masih hidup hanya sekitar 10 hari sebelum digantikan.
Dalam kelainan bawaan yang disebut hemofilia, satu atau lebih faktor pembekuan yang hilang dalam darah. Orang dengan gangguan ini mengalami pendarahan berlebihan setelah cedera karena darah mereka tidak membeku dengan baik.
Untuk lebih jelasnya lihat video berikut:






Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berad...