Senin, 07 Mei 2018

Pembentukan Bayangan pada Cermin Datar

a. Pemantulan Berkas Cahaya yang Datang Sejajar

Berkas cahaya yang datang dengan sejajar akan dipantulkan sejajar pula. Sinar datang tidak akan dibelokkan secara membaur karena pada cermin datar yang terjadi adalah pemantulan teratur.
pemantulan pada cermind datar

b. Pemantulan Berkas Cahaya yang Divergen (melebar)

Pada pemantulan cahaya pada cermin datar, berkas cahaya yang datang melebar maka akan dipantulkan melebar pula. Cermin datar hanya membelokkan arah berkas sinar. Besarnya pelebaran berkas sinar datang tidak akan berubah, yang berubah hanya arahnya. perhatikan gambar di bawah ini
jalanya sinar divergen pada cermin datar

c. Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pada pembentukan bayangan di cermin datar berlaku hukum pemantulan cahaya snellius, bahwa “Sudut Datang sama dengan Sudut Pantul” karena tipe pemantulan yang terjadi adalah pemantulan sempurna. Sifat-sifat bayangan cermin datar yang terbentuk :
  • bayangan maya (tidak bisa ditangkap layar)
  • tinggi dan jarak benda sama dengan tinggi dan jarak bayangan
  • bayangan pada cermin datar tegak menghadap berlawanan dengan benda (tertukar sebelah kanan dan kiri)
  • bentuk dan rupa bayangan sama dengan bentuk dan rupa benda (tidak ada distorsi)
Perhatikan proses pembentukan bayangan pada cermin datar berikut
pembentukan bayangan pada cermin datarDari titik A terdapat dua berkas sinar menyebar menuju ke permukaan cermin datar yaitu AC dan AC. Berdasarkan hukum pematulan, berkas datang AC dipantulkan ke arah CE dan berkas sinar datang AD ipantulkan ke arah DF. Perpanjangan sinar pantul CE dan DF akan berpotongan di belakang cermin. Perpotongan titik merupakan titik bayangan maya A, yaitu A’. Demikian juga sinar datang BG dan BH dan sinar pantul BI dan HJ akan menghasilkan titik maya bayangan B’. 2 Hubungkan titik A’ dengan B’ maka sobat akan mendapatkan bayangann yang sama persis jarak, tinggi, wujudnya dengan benda. Itulah tadi sobat rangkuman singkat tentang bagaimana pemantulan cahaya pada cermin datar. Selamat belajar.
Untuk lebih jelasnya lihat video berikut:

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berad...