Selasa, 25 Juli 2017

Gerak Hewan di Laut

Air memiliki kerapatan lebih besar dibandingkan udara. Oleh karena itu, ikan lebih sulit bergerak di air. Air memiliki gaya angkat lebih besar dibanding di udara. Namun, hewan yang hidup di air memiliki massa jenis lebih kecil dibanding dengan lingkungannya. Oleh karena itu, ikan dapat melayang di dalam air dengan melakukan sedikit energi. Gerak ini juga memiliki kaitan dengan Hukum Pascal
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk torpedo. Bentuk tubuh ini memungkinkan tubuh meliuk dari kiri ke kanan.
Gerak Hewan dalam Air
Bentuk tubuh ikan umumnya berbentuk torpedo
Bentuk tubuh ikan yang streamline berfungsi untuk mengurangi hambatan ketika bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di dalam air.
1. Ikan Hiu 



Hasil gambar untuk ikan hiu


Ikan Hiu adalah sekelompok (superodo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya. Selain itu, hiu rata-rata memiliki panjang 1,60 cm (atau lebih) dan termasuk hewan karnivora yang memiliki berat sekitar 1,5 ton (atau lebih tergantung spesiesnya).

2. Lumba-lumba 



Gambar terkait



Lumba-lumba adalah mamalia laut herbivora yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Selain itu, lumba-lumba rata-rata memiliki panjang 2,7 meter dan berat  150-650 kg dan juga suka melompat-lompat indah di atas permukaan laut. 

3. Salmon







Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Selain itu, ikan salmon memiliki panjang rata-rata mencapai  10-12 cm dan berat 100g.




Sumber:

http://ipa-gampang.blogspot.co.id/2014/08/gerak-hewan-di-air-di-air.html
https://www.plengdut.com/gerak-pada-hewan-di-air-di-udara-dan-di-darat/79/
http://kagakupedia.blogspot.co.id/2015/08/materi-ipa-gerak-hewan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berad...